Home » , , , » Tips Usaha Cemilan Coklat

Tips Usaha Cemilan Coklat

Hai blogger, saat ini masih jarang yang membuat usaha coklat. Padahal usaha cemilan coklat menjanjikan keuntungan yang besar. Sebab saat ini banyak orang yang menyukai coklat sebagai cemilan di setiap hari. Apalagi coklat bisa di jadikan buat tangan, atau cinderamata untuk kerabat, teman, bahkan kekasih. Sehingga bisa dikatakan permintaannya tidak pernah surut. 
Nah, anda tergiur untuk mencoba usaha cemilan coklat? namun sebelum anda mencoba usaha cemilan coklat ini, anda harus mengetahui tentang tips usaha cemilan coklat. Berikut saya berikan beberapa tips usaha cemilan coklat, agar usaha anda berjalan lancar.

 

1. Tempat Usaha


Tips Usaha Cemilan Coklat yang pertama adalah tempat usaha. Jika Anda memiliki rumah yang berada di lokasi strategis untuk membuka usaha cokelat, tak ada salahnya jika menjadikan rumah Anda sebagai tempat usaha seperti di sekitar kampus, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Untuk menikmati aneka hidangan cokelat mereka, konsumen cokelat biasanya mencari tempat yang nyaman. Oleh karena itu, agar usaha cemilan coklkat anda banyak dilihat orang maka pilihlah tempat usaha yang bisa memenuhi kriteria tersebut. Dan, sebuah rumah bisa menawarkan kenyamanan tersebut. Agar konsumen tak ragu-ragu untuk datang kes tempat usaha cemilan coklat anda, dekorlah salah satu ruangan di rumah Anda menjadi sebuah kedai cokelat yang menyenangkan.
Namun, jika Anda ingin menyewa tempat usaha, lagi dan lagi pastikan tempat usaha tersebut berada di lokasi yang strategis dan juga bisa dirombak menjadi tempat yang nyaman sesuai dengan selera para penikmat cokelat, yang kebanyakan adalah anak muda.

 

2. Perlengkapan Usaha


Tips Usaha Cemilan Coklat selanjutnya adalah perlengkapan usaha. Mengingat usaha cemilan cokelat tak hanya menawarkan satu jenis produk cokelat saja, melainkan beberapa produk cokelat yang pengolahannya berbeda satu sama lain, perlengkapan usaha yang dibutuhkan seperti perlengkapan untuk membuat makanan dan minuman coklat. Perlengkapan tersebut meliputi wadah tempat menaruh berbagai macam bahan-bahan, termos es, blender, cetakan cokelat, mixer, oven, cetakan kue, tak lupa lemari es untuk menyimpan kue dan praline.

 

3. Karyawan


Tips usaha cemilan coklat selanjutnya adalah memiliki karyawan. Mungkin untuk Anda yang baru saja memulai usaha ini tidak masalah jika tidak memiliki karyawan. 
Namun jika usaha anda sudah cukup besar paling tidak sudah dikenal oleh masyarakat, hal ini harus anda perhatikan. Karena, selain membantu Anda dalam proses produksi, tugas dari karyawan yang anda rekrut nanti adalah melayani setiap pelanggan dengan ramah dan cekatan.
Namun, ketika Anda tidak bisa melakukan sendiri proses produksi, tambahan seorang karyawan lagi adalah suatu keharusan. Dari dua karyawan yang Anda miliki, seorang khusus bertugas di dapur, sedangkan seorang lagi tetap berada didepan melayani pembeli.

 

4. Promosi

Mungkin anda bisa menarik banyak konsumen untuk datang dan membeli aneka produk cokelat Anda jika anda memberikan potongan harga di awal pembukaan usaha, hal ini sangat terbukti.
Namun, Anda bisa menggunakan media promosi yang lebih murah jika tidak memilki dana cukup. Misalnya, dengan menyebarkan brosur di tempat-tempat yang banyak anak mudanya, seperti di kampus-kampus dan sekolah-sekolah. Atau bisa juga mensharenya di media sosial, seperti bbm, whatsapp, instagram, dan lain sebagainya

 

5. Harga cokelat

Sebelum anda menentukan harga, anda harus menentukan target pasar anda. Misalnya, jika penikmat aneka menu cokelat usaha anda umumnya berasal dari kalangan menengah keatas. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan harga yang lumayan tinggi. Namun, jika penikmat aneka menu coklat anda berasal dari kalangan menengah kebawah atau anak-anak sekolah, anda cukup menawarkan harga yang terjangkau.

 

6. Risiko Usaha

Tips Usaha Cemilan Coklat selanjutnya agar meminimalisir risiko usaha. Usaha cemilan coklat tidak semudah menjual kuliner lainnya. Itu karena konsumennya yang terbatas. Anda harus pintar-pintar mempromosikan usaha, agar usaha dapat terus berjalan dan berkembang. Manfaatkan waktu – waktu tertentu untuk meningkatkan omset penjualan. Caranya adalah dengan memberikan berbagai penawaran menarik-baik berupa diskon maupun hadiah langsung-kepada para pelanggan setia cokelat Anda. Dengan begitu, usaha Anda pun akhirnya akan memiliki basis pelanggan yang tetap pada usaha cemilan coklat anda.

Sekian tips usaha cemilan coklat yang harus anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin mengatahui cara bisnis online terbaik silahkan klik Cara Bisnis Online Terbaik : cara mendapatkan uang dari internet. Baca juga Artis cantik yang memulai bisnis kecantikan.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat.. Salam kenal Saya distributor Melilea Greenfield Organik suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus