Kisah Sukses Agus Roma Usaha Budidaya Buah Naga

Melirik peluang usaha yang sangat menjanjikan di bidang agribisnis khususnya dengan tanaman buah naga merah, menarik keinginan Agus Roma untuk belajar otodidak membudidayakan buah naga merah. Dengan bermodalkan lahan 1 hektar yang dipenuhi dengan tanaman buah naga merah deli hijau, akhirnya ia dapat meraup keuntungan Rp 35 juta setiap bulannya. Karena buah naga memiliki permintaan konsumen yang tinggi sehingga pembudidaya kewalahan untuk memenuhi permintaan yang kian meningkat. Bagaimana kira-kira cara Agus mengelola kebunnya dan seperti apa potensi usaha yang ia miliki? saya akan berikan kisah sukses Agus Roma usaha budidaya buah naga yang mungkin akan menjadi motivasi untuk anda, berikut ini ulasannya :

Awal Usaha Budidaya Buah Naga Merah


Buah naga merupakan salah satu tanaman yang penanamannya tergolong mudah. Tidak memerlukan teknik yang khusus untuk dapat menanam buah naga ini. Biasanya buah naga yang ditanam adalah buah naga berwarna merah dengan memiliki daging berwarna putih dengan biji halus bewarna hitam. Buah ini sudah cukup populer karena sudah dapat ditemukan di berbagai tempat.
Banyak manfaat untuk berbagai kebutuhan yang menjadikan buah naga dibudidayakan oleh banyak orang, terutama masyarakat di Indonesia. Selain memiliki banyak kesehatan untuk tubuh, buah naga pun juga memiliki  khasiat untuk perawatan kecantikan secara alami. Selain itu, buah naga juga mempunyai banyak manfaat untuk kebutuhan tubuh manusia.

Keunggulan buah ini adalah salah satu usaha agribisnis yang memiliki peluang besar menembus pasar di dalam negeri bahkan hingga ke manca negara. Melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki buah naga membuat Agus Roma tertarik untuk melakukan budidaya secara komersil di daerah tempatnya tingga, Bululawang, Malang, Jawa Timur.

Ide membudidayakan buah naga ini muncul ketika ia dibawakan oleh-oleh dari temannya. Dan menurutnya rasa buah naga berbeda dari buah lainnya sehingga ia tertarik untuk mengetahui buah naga ini didapat dan mempelajarinya secara otodidak bidang pertanian dengan memiliki semangat yang tinggi. Akhirnya ia menanam buah tersebut kira-kira 5 tahun yang lalu.


Lima tahun yang lalu ia mengeluarkan modal sekitar Rp 20 juta untuk memulai menanam buah naga merah. Modal tesebut ia belanjakan untuk membeli bibit buah naga, dan sisa uangnya ia belanjakan pupuk kandang, pupuk NPK, serta perlengkapan lainnya seperti cangkul, penyemprot hama, meteran dll. Bibit buah naga yang dikembangkan oleh Agus berasal dari hasil perkebunan lokal di Daerah Jawa Timur. Bibit tersebut dibelinya dari petani buah di Malang, Jawa Timur. Sementara untuk perlengkapan usaha dan pupuknya ia membeli di toko sarana pertanian yang berada di sekitar tempat tinggalnya. 

Menurutnya hal utama yang dilakukan dalam pembudidayaan adalah pemilihan bibit, sehingga ia mencari bibit buah yang memiliki kualitas yang bagus. Pilihlah batang yang memiliki diameter setidaknya 8 cm, keras, tua dan memiliki warna hijau kelabu serta sehat. Semakin besar diameter yang dimiliki batang maka akan semakin baik, karena batang tersebut akan menjadi batang utama dari tanaman.



Untuk melakukan penanaman sendiri Agus telah dibantu satu orang. Dan saat ini keseluruhan lahan yang ia miliki untuk membudidayakan buah naga adalah 1,5 hektar dan bantuan satu karyawan.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai kisah sukses Agus Roma dalam usaha budidaya buah naga, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Jika anda ingin mengetahui tentang cara cepat mendapatkan uang dari internet, silahkan kunjungi Cara Cepat Mendapatkan Uang Dari Internet. Baca juga Peluang Usaha Budidaya Jambu Biji.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat. Salam kenal Saya distributor susu kedelai organik Melilea suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus